Flutter - Belajar membuat Percabangan pada Pemrograman Dart

Percabangan adalah suatu pilihan atau opsi dimana terdapat kondisi tertentu yang harus dipenuhi oleh program untuk menjalankan perintah, jika pilihan yang menjadi syarat terpenuhi, maka pilihan dijalankan, jika tidak maka program tidak akan menjalankan perintah atau melewatinya dan melihat kondisi lainnya untuk dijalankan atau berhenti sama sekali.

Percabangan hanyalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut alur program yang bercabang. Percabang juga dikenal dengan Control Flow, Struktur Kondisi, Struktur IF jadi sama saja jadi cara penulisan percabangan dalam bahasa dart dengan mengunakan kata kunci if , else, switch, case dan operator ternary.

Format Struktur If

if( kondisi ){
    // jika kondisi benar
}

Jadi dalam percabangan ada tiga bentuk percabangan:

Percabangan IF

Digunakan untuk percabangan tunggal maksudnya digunakan untuk menyeleksi logika yang menghasilkan nilai benar atau salah (true dan false) jadi percabangan if hanya memiliki satu opsi atau pilihan, artinya hanya dikerjakan jika kondisinya benar, tapi jika pilihan dengan syarat salah maka tidak terjadi apa-apa dalam flowchat menjelaskan bahwa jika variable kondisi yang nilainya true dengan syarat pilihan benar maka dijalankan proses jika tidak maka tidak terjadi apa-apa.

var sholat = “dhuha”; 

if(sholat == “dhuha”){
    print(“Diampuni segala dosanya meskipun sebanyak buih di lautan”);
    // menurut riwayat at tirmizi
}

Percabangan IF / ELSE

Digunakan bila terdapat 2 pilihan maksudnya digunakan jika pilihan sebagai syarat benar maka itu yang dijalankan jika tidak maka perintah tersebuat bakalan dilewati untuk menjalankan kondisi yang salah. Jika kondisi variable berisi nilai true dengan syarat pilihan benar makan melakukan proses 1 jika salah maka melakukan proses 2.

var nilai_akhir = 80;

if(nilai_akhir > 65){
    print(“Selamat Kodetr, Anda lulus dengan nilai $nilai_akhir”);
}else{
    print(“Maaf Kodetr, Anda tidak lulus dengan nilai dibawah 65”);
}

Percabangan IF / ELSE / IF atau SWITCH / CASE

Digunakan bila terdapat lebih dari 3 pilihan atau lebih maksudnya jika pilihan sebagai syarat tidak ada di kondisi tersebut maka bakalan melewati kondisi tersebut untuk mencari kondisi yang benar jika tidak bakalan menjalankan kondisi yang salah.

int nilai = 80;

if(nilai >= 90){
    print(“Grade : A ”);
}else if(nilai >= 80){
    print(“Grade : B+”);
}else if(nilai >= 70){
    print(“Grade : B”);
}else if(nilai >= 60){
    print(“Grade : C+”);
}else if(nilai >= 50){
    print(“Grade : C”);
}else if(nilai >= 40){
    print(“Grade : D”);
}else{
    print(“Grade : E”);
}

Percabangan Switch / Case

Sebenarnya sama dengan if / else / if yang membedakan haya di katakunci swich dan case dalam switch / case terdapat katakunci yang kamu tahu yaitu break dan default.

var bulan = 2;

switch(bulan){
case 1:
    print(“Januari”);
break;
case 2:
    print(“Februari”);
break;
default:
    print(“pilihan tidak ditemukan”);
}
  • katakunci break : katakunci untuk berhenti, maksudnya merintahkan berhenti untuk mengecek dari case.
  • katakunci default : jika pilihan tidak ada yang memenuhi syarat atau tidak ada yang sama dalam pilihan case maka di kerjakan perintah di dalam default, defaut juga tidak di khususkan menggunakan break karna dipilihan terakhir.

Lebih lengkapnya untuk penjelasan mengenai percabangan Anda bisa melihat vidio berikut

Demikian yang dapat saya sampaikan dari artikel ini semoga bermanfaat, jika ada yang ditanyakan silahkan di kolom komentar dibawah, selamat mencoba.

Share Comments
comments powered by Disqus