Membuat Garis Menggunakan Java Netbeas

Komputer grafis merupakan Kebutuhan yang saat ini tidak bisa dihindarkan dengan perkembangan teknologi komputer yang semakin cepat. Dan Hampir semua bidang menggunakannya, kebutuhan komputer grafis lebih dirasakan dalam bidang-bidang berikut:

Visualisasi proses komputer grafis banyak digunakan untuk menampilkan suatu perkembangan proses dan analisis, seperti pada perkembangan nilai saham, visualisasi simulasi, visualisasi proses pada industri dan lain-lain.

Entertainment Tidak bisa dihindarkan pemakaian komputer grafis sangat membantu dalam pembuatan movie yang bermutu. Sebagai contoh ”Terminator III” yang mampu menampilkan efek morphing (perubahan secara perlahan dan jelas) dari lantai menjadi manusia, atau ”Werewolf” yang mampu menyajikan perubahan manusia menjadi srigala. Bahkan pada film animasi, pemakaian komputer grafis menjadi komponen utama, seperti ”Final fantasy”.

Design Saat ini pemakaian software design berkembang pesat khususnya yang 3D, seperti Autocad, 3D Studio Max, Home design dan lain-lain.

Game development Mau tidak mau harus diakui, salah satu komponen dasar dari game adalah grafik.

Pemrograman Grafik

Pemrograman grafik sebenarnya tidak berbeda dengan pemrograman komputer, hanya saja hasil yang ditampilkan menggunakan layar grafis. Pada bahasa java hasil program pada umumnya berupa text, sehingga pemakaian layar grafis membutuhkan pendekatan yang berbeda.

Salah satu komponen penting di dalam pemrograman grafik adalah pemakaian library grafik yang berisi kumpulan procedure-procedure untuk membentuk objek grafis seperti garis, lingkaran, dll.

Di samping itu, dalam pemrograman grafik terdapat komponen dasar yang disebut dengan objek grafik. Objek grafik ini merupakan objek dasar dalam pembuatan grafik di computer antara lain:

  • Titik,
  • Garis,
  • Polyline dan Polygon,
  • Ellips,
  • Text
  • Paint.

Langkah-Langkah Menggunakan Java Netbeas

Membuat Project baru dengan cara pilih menu file kemudian pilih new project atau dengan cara seperti gambar berikut

Jika sudah menekan akan tampil dialog seperti gambar dibawah

Klik java dibagian Categories dan selanjutnya klik Java Aplication dibagian Projects, kemudian klik Next seperti gambar dibawah

Kemudian muncul dialog lagi untuk memasukan nama project dibagian Project Name dan mencari lokasi penyimpanan dibagian Project Location kemudian centang dibagian Create Main Class untuk membuat main class, jika sudah klik Finish seperti gambar dibawah

Jika langkah-langkah sudah benar maka akan tampil seperti gambar berikut

Dibagian class, extends dari class JPanel

 public class Grafika extends JPanel{
        public static void main(String[] args) {
        
        }  
 }

Selanjutnya memanggil class Grafika dengan cara buat object dibagian method main

 public class Grafika extends JPanel{
        public static void main(String[] args) {
            Grafika g = new Grafika();
        }  
 }

Membuat JFrame Form dengan cara memanggil class JFrame dan menambahkan Panel dari class Grafika yang sudah di extends atau diturunkan dari JPanel dengan cara memanggil fungsi add dari class JFrame

    JFrame jf = new JFrame();
    jf.add(g);

Menambahkan fungsi size untuk ukuran dari Frame dengan cara memasukan nilai WIDTH dan HEIGHT ke dalam fungsi setSize

    jf.setSize(600, 600);

Menambahkan fungsi setLocationRelativeTo supaya posisi JFrame di tengah screen dan menambahkan fungsi setVisible untuk menampilkan Form JFrame saat di RUN atau di jalankan kemudian satu lagi menambahkan fungsi setDefaultCloseOperation supaya saat Form JFrame di keluarkan supaya proses run / debug berhenti semua

    jf.setLocationRelativeTo(null);
    jf.setVisible(true);
    jf.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);

Jika semua langkah sudah dikerjakan maka code seperti berikut

    public class Grafika extends JPanel {
        public static void main(String[] args) {
            Grafika g = new Grafika();
            JFrame jf = new JFrame();
            jf.add(g);
            jf.setSize(600, 600);
            jf.setLocationRelativeTo(null);
            jf.setVisible(true);
            jf.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
        }
    }

Langkah selanjutnya menambahkan method paintComponent sebagai tempat untuk melakukan penggambaran, tempatkan sesudah class grafika

    public class Grafika extends JPanel {

        @Override
        protected void paintComponent(Graphics g) {
            super.paintComponent(g);
        }

        public static void main(String[] args) {
            Grafika g = new Grafika();
            JFrame jf = new JFrame();
            jf.add(g);
            jf.setSize(600, 600);
            jf.setLocationRelativeTo(null);
            jf.setVisible(true);
            jf.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);

        }
    }

Menambahkan class Graphics2D, buat object dari class tersebut dan lakukan convert dari parameter paintComponent

    Graphics2D gd = (Graphics2D) g;

Jika ingin membuat Garis dengan memanggil method drawLine, kemudian masukan parameter koordinat x1,y1,x2,y2 didalam fungsi tersebut

    gd.drawLine(100, 100, 200, 100);

Jika semua langkah sudah di kerjakakn maka kode keseluruhan seperti berikut

    package grafika;

    import java.awt.Graphics;
    import java.awt.Graphics2D;
    import javax.swing.JFrame;
    import javax.swing.JPanel;

    /**
    *
    * @author kodetr
    */
    public class Grafika extends JPanel {

        @Override
        protected void paintComponent(Graphics g) {
            super.paintComponent(g);
            
            Graphics2D gd = (Graphics2D) g;
            gd.drawLine(100, 100, 200, 100);
        }

        public static void main(String[] args) {
            Grafika g = new Grafika();
            JFrame jf = new JFrame();
            jf.add(g);
            jf.setSize(600, 600);
            jf.setLocationRelativeTo(null);
            jf.setVisible(true);
            jf.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
        }
    }

Hasil jika di RUN

Jika ingin memberikan warna dari garis tambahkan method setColor

    gd.setColor(Color.red);

Latihan 1

Menggambar segi empat dengan posisi koordinat titik sudut (100,100),(400,100),(100,400),(400,400)

    package grafika;

    import java.awt.Color;
    import java.awt.Graphics;
    import java.awt.Graphics2D;
    import javax.swing.JFrame;
    import javax.swing.JPanel;

    /**
    *
    * @author kodetr
    */
    public class Grafika extends JPanel {

        @Override
        protected void paintComponent(Graphics g) {
            super.paintComponent(g);
            
            Graphics2D gd = (Graphics2D) g;
            gd.setColor(Color.red);
            gd.drawLine(100, 100, 400, 100);
            gd.drawLine(100, 100, 100, 400);
            gd.drawLine(100, 400, 400, 400);
            gd.drawLine(400, 100, 400, 400);
        }

        public static void main(String[] args) {
            Grafika g = new Grafika();
            JFrame jf = new JFrame();
            jf.add(g);
            jf.setSize(600, 600);
            jf.setLocationRelativeTo(null);
            jf.setVisible(true);
            jf.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
        }
    }

Jika di RUN maka akan seperti berikut

Latihan 2

Menambahkan latar di dalam area segi empat dengan cara menambahkan method fillRect, kemudian masukan parameter koordinat (x1,y1,x2,y2) kedalam method tersebut

    gd.fillRect(100, 100, 400, 400);

Jika di RUN

Demikian yang dapat saya sampaikan dari artikel ini semoga bermanfaat, jika ada yang ditanyakan silahkan di kolom komentar dibawah, selamat mencoba.

Share Comments
comments powered by Disqus